Amalan yang Setara dengan Ibadah Haji dan Umroh

Amalan yang Setara dengan Ibadah Haji dan Umroh

Haji dan umroh merupakan salah satu ibadah yang diinginkan para umat muslim. Meski tidak wajib dan membutuhkan uang yang banyak, ibadah ini tetap menjadi impian bagi penganut agam islam. Namun, tahukah kamu bahwa ada amalan yang setara dengan ibadah haji dan umroh?

Inilah Amalan yang Setara Haji dan Umroh

Pada dasarnya amalan yang setara dengan ibadah haji dan umroh memang sudah disiapkan oleh Allah SWT. Bahkan, haji dan umroh sifatnya tidak wajib. Jalankan amalan ini sembari menunggu rezeki untuk berangkat haji dan umroh.

Berdoa dan memohon saat Subuh hingga Isyraq

Rasulullah SAW melalui sabdanya mengatakan bahwa orang yang melaksanakan solat subuh dan tetap berdzikir hingga matahari terbit, diikuti dengan solat dua rokaat pahalanya sangatlah besar. Pahala yang didapatkan adalah setara dengan melaksanakan haji dan umroh.

Solat Subuh sendiri merupakan ibadah wajib yang harus kita lakukan saat pagi hari. Untuk itu, tidak ada salahnya jika kita terus berdzikir setelah subuh hingga matahari terbit. Jika kamu belum bisa rutin setiap hari, setidaknya lakukanlah saat kamu libur satu kali satu minggu.

Terkati dengan solat subuh sendiri, kamu bisa mulai dari solat dua rokaat sebelum subuh. Keutamaannya adalah lebih berharga dari segala yang ada di bumi ini. Untuk itu, jangan pernah ragu untuk melakukannya.

Menuntut ilmu, mengamalkan, dan mengajarkannya

Dalam islam, menuntut ilmu juga termasuk ke dalam ibadah. Keutamannya bahkan sangatlah tinggi. Malaikat akan membentangkan sayapnya untuk orang yang berusaha menuntut ilmu yang bermanfaat.

Selain itu, mengamalkan ilmu yang dimiliki juga merupakan tanggung jawab kita setelah mendapatkan ilmu tersebut. Pada dasarnya, sebaik-baiknya orang adalah yang bermanfaat bagi sesama. Dengan adanya ilmu, sudah sepantasnya kita menjadi orang yang bermanfaat.

Mengaharkan ilmu yang kita miliki juga akan mendatangkan amal jariā€™ah. Amalan yang satu ini tidak akan pernah terputus meski manusia sudah meninggal dunia. Pahala yang didapat akan terus ada pada saat orang yang diajarkan menggunakan ilmu yang kamu ajarkan tersebut.

Sholat berjamaah

Sholat berjamaah yang dilakukan secara rutin juga memberikan pahala yang besar. Bahkan, Allah SWT akan melipatgandakan pahala sholatnya menjadi 27 kali lipat. Pahala tersebut tentunya akan semakin besar jika bacaan sholatnya sempurna dan lebih lengkap.

Pada dasarnya di Indonesia sudah memiliki banyak sekali masjid dan mushola. Hal tersebut tentunya memberikanmu peluang untuk beribadah dengan lebih sempurna. Kamu bisa menyisihkan waktu sekitar 10-15 menit untuk sholat berjamaah di masjid.

Untuk pria sendiri memang dianjurkan dengan sangat untuk sholat di masjid. Untuk itu, sudah sepantasnya bagi kaum pria untuk datang dan meramaikan masjid tersebut.

Memuliakan orang tua

Bagi kamu yang masih memiliki orang tua, jangan sia-siakan kesempatan ini untuk meraih pahala yang besar. Terlebih jika kedua orang tua masih sehat dan dekat dengan kamu. Kamu bisa memuliakannya dengan cara memastikan mereka bahagia.

Pahala yang didapat dari memuliakan orang tua ini amatlah besar. Bahkan, kamu akan mendapatkan pahala yang setara dengan berhaji, umroh, dan berjihad di jalan Allah SWT. Untuk itu, manfaatkanlah kesempatan ini dan berbaktilah kepada orang tua.

Untuk hal-hal yang bisa kamu lakukan juga sangatlah banyak. Kamu bisa memulai dari hal yang kecil hingga hal-hal yang membutuhkan pengorbanan. Lagi pula, kalau bukan anak yang memuliakan lalu siapa lagi?

Membantu sesama manusia

Masih berkaitan dengan menjadi orang yang berguna, kamu harus berusaha untuk membantu sesama manusia. Tidak hanya hubungan baik dengan Allah SWT yang dijaga, sudah sepantasnya kita menjaga hubungan baik dengan sesama manusia.

Mengenai cara membantu sesama manusia juga sangatlah beragam. Kamu bisa mulai dari hal yang kecil seperti membuat mereka tersenyum. Selain itu, kamu juga bisa meringkan beban yang mereka bawa dengan cara membantu menggunakan kemampuan yang dimiliki masing-masing.

Terkait dengan saling membantu, Islam sendiri sudah memberikan pilihan berbagi dengan metode zakat, infaq, dan sodaqoh. Kamu bisa membantu sesama menggunakan uang, tenaga, atau bahkan hanya doa baik yang ditujukan kepada orang yang sedang mengalami musibah.

Dzikir

Salah satu ibadah yang memberikan pahala besar adalah dzikir. Ibadah yang satu ini bahkan bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Untuk itu, sudah sepantasnya kita memperbanyak dzikir di sela aktivitas kita sehari-hari.

Mengenai waktu yang dianjurkan berdzikir sendir sangatlah banyak. Kamu bisa berdzikir setelah melakukan sholat, baik sholat wajib atau sholat sunah. Selain itu, berdzikir di pagi hari juga menjadi ibadah pembuka yang baik untuk mengawali aktivitas kita di hari tersebut.

Selain dzikir di waktu yang diutamakan, kamu juga bisa berdzikir di kala waktu senggang. Kamu bisa berdzikir saat sedang berada di kemacetan. Selain itu, kamu juga bisa berdzikit saat sedang menunggu antrian memesan makanan.

Demikianlah artikel singkat, padat, dan jelas mengenai amalan yang setara dengan ibadah haji dan umroh. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi untuk kamu yang ingin berhaji, namun belum memiliki kesempatan.

Jika sudah memiliki tabungan untuk berangkat haji, segeralah siapkan tabungan tersebut untuk membayar Biaya Haji Plus agar kamu dapat segera berangkat pergi haji tahun ini atau tahun depan.