Menilik Keistimewaan Sholat Fardhu untuk Fisik dan Kejiiwaan

Menilik Keistimewaan Sholat Fardhu untuk Fisik dan Kejiiwaan

Sholat merupakan rukun islam kedua setelah syahadat yang menjadi dasar tindakan dari seorang muslim. Sholat dikenal sebagai salah satu ibadah kaum muslim yang menunjukkan keimanan kepada Allah SWT melalui perbuatan (gerak), perkataan (ucapan), dan keyakinan hati. Ibadah sholat menurut hukumnya terbagi menjadi dua yaitu sholat fardhu yag hukumnya wajib dan sholat sunnah yang mendapatkan pahala jika dilaksanakan tetapi tidak menimbulkan dosa jika tidak dilaksanaka. Sholat fardhu yang wajib dilaksanakan oleh seorang muslim terdiri dari 5 wakru yaitu subuh, dzuhur, ashar, maghrib, dan isya. Setiap waktu sholat memiliki jumlah rakaat yang berbeda. Pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas keistimewaan sholat fardhu untuk fisik dan jiwa kaum muslim yang patut anda ketahui.

Keistimewaan Sholat Fardhu untuk Fisik

            Sholat subuh menjadi sholat pembuka yang hukumnya wajib karena dilakukan saat terbit fajar hingga mulai munculnya matahari. Ibadah ini tidak hanya dikenal sebagai pembawa rejeki karena sudah membuat setiap muslim terbangun di pagi hari. Melainkan juga memberi dampak terhadap fisik melalui terapi pernapasan dan paru di pagi hari. Sholat dzuhur merupakan ibadah sholat yang dilakukan siang hari antara pukul 11 sampai 1 siang. Ibadah ini bermanfaat bagi kinerja jantung dan usus kecil. Selain itu, sholat dzuhur juga mampu menyegarkan badan mengingat siang hari adalah waktu dimana rasa stress dan capek menumpuk.

Sholat ashar merupakan ibadah sholat wajib yang dulakukan pada sore hari antara pukul 15 sampa 17 sore. Ibadah ini mampu menyehatkan kandung kemih sebagai pengubah cairan tubuh menjadi air seni. Semakin sehat kandung kemih maka semakin lancar proses metabolisme tubuh. Sholat maghrib menjadi ibadah wajib yang dilakukan pada saat terbenamnya matahari antara pukul 18 sampai 19 petang. Ibadah ini mampu menyehatkan ginjal dan kandung kemih. Sholat isya menjadi ibadah penutup sholat fardhu karena dilakukan antara pukul 19 sampai 21 petang. Ibadah ini berkhasiat untuk kesehatan jantung melalui terapi perikardium.

Keistimewaan Sholat Fardhu untuk Kejiwaan

            Sholat bukanlah sekedar bentuk ibadah yang harus dikerjakan sebagai bentuk keimanan seseorang kepada Allah SWT saja. Terdapat beberapa keistimewaan sholat yang bermanfaat bagi mental atau kejiwaan seseorang. Selah satunya keistimewaan tersebut adalah sebagai obat kesehatan mental karena mampu membawa kedamaian dan rasa tentram bagi siapapun yang menjalankannya dengan sepenuh hati. Selain itu, sholat lima waktu yang dikerjakan juga bermanfaat sebagai obat gairah hidup. Bagaimana bisa ?. Ya, seseorang yang mengelami kegelisahan dan kebingungan akan kembali normal dan bersemangat ketika melakukan sholat dengan khusyuk dan tepat waktu. Hal ini membuat setiap orang kembali kepada arah tujuan hidup yang benar yaitu beribadah kepada Allah SWT.