Cara Membuat Singkong Crispy yang Mudah dan Lezat

Keyword : Cara Membuat Singkong Crispy

 

Singkong atau ketela memang sudah menjadi salah satu makanan berkarbohidrat yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia. Pada zaman dahulu, singkong seringkali menjadi pengganti beras dalam pemenuhan konsumsi harian. Sekarang ini, eksistensi singkong masih ada dan tidak tergerus zaman. Bahkan, kini sudah ada banyak variasi olahan singkong, salah satunya adalah singkong crispy. Ingin tahu cara membuat singkong crispy? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Cara Membuat Menu Olahan Singkong Crispy

Singkong goreng memang lezat untuk dikonsumsi kala bersantai bersama keluarga. Namun, sudahkah Anda mencoba singkong crispy? Jika belum, Anda wajib mencoba olahan renyah dan enak ini.

Adapun resep membuatnya juga sangat mudah, yakni pertama Anda harus menyiapkan bahan dan bumbunya. Bahan yang dimaksud adalah 1 kg singkong yang sudah dikupas dan dipotong, sedangkan bumbu yang dibutuhkan adalah 7 siung bawang putih, 2 sdm garam, dan 2 sdm ketumbar bubuk. Selain itu, Anda juga akan butuh minyak goreng dan air es.

Setelah bahan dan bumbu sudah siap, maka Anda bisa melanjutkan ke tahap-tahap pembuatannya, yakni :

  1. Rebus Singkong

Pertama, didihkan air terlebih dahulu untuk bisa merebus singkong sampai matang. Sesuaikan banyaknya air dengan banyaknya singkong yang akan Anda masak. Tunggu sampai singkong benar-benar matang.

  1. Haluskan Bumbu

Selagi menunggu singkong matang, Anda bisa menghaluskan bumbu-bumbu yang tadi sudah disiapkan. Campur bumbu dengan air es dan aduk hingga merata sempurna.

  1. Masukkan Singkong dalam Bumbu

Setelah singkong matang, angkat dan tiriskan beberapa saat. Jika sudah, maka segera masukkan singkong ke dalam air es yang sudah dicampur dengan bumbu. Biarkan singkong terendam di campuran tersebut selama sekitar 30 menitan. Hal ini berguna untuk membuat bumbu meresap dengan baik.

  1. Goreng Singkong

Setelah 30 menit, Anda bisa mencoba memanaskan minyak dan memasukkan singkong ke dalam wajan untuk digoreng. Gunakan api dengan ukuran sedang agar bagian luar dan bagian dalam singkong matang merata. Goreng sampai kecoklatan dan lihat bagaimana menu renyah ini siap disajikan.

Demikian ulasan mengenai cara membuat singkong crispy. Mudah dan cepat bukan membuatnya? Semoga ulasannya bermanfaat untuk menu camilan harian Anda.

 

Similar Posts