Cara Mengatasi Laptop Hang yang Efektif

Laptop hang seringkali menjengkelkan, terlebih jika Anda sedang buru-buru mengerjakan tugas di laptop. Cara mengatasi laptop hang tersebut perlu dilakukan sesuai dengan penyebabnya. Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi laptop hang karena berbagai faktor.

Mengatasi Laptop Hang

  1. Mengatasi laptop hang saat online

Penyebab laptop hang saat sedang terhubung ke jaringan internet adalah karena malware atau karena file sampah yang terlalu menumpuk. Apabila laptop sering hang saat digunakan untuk online, kemungkinan yang terjadi adalah adanya serangan malware atau virus.

Virus dapat menyebabkan laptop hang atau macet. Oleh sebab itu, saat terhubung ke internet sebaiknya Anda tidak sembarangan masuk ke situs atau website. Situs ilegal dan download aplikasi sembarangan tidak aman karena bisa menjadi tempat penyebaran malware.

Laptop hang juga bisa terjadi karena cache, file temporary, junk file, atau sampah yang sudah terlalu menumpuk. Jika laptop hang, segera putuskan sambungan internet di laptop Anda. Setelah itu bersihkan sampah atau cache, baik menggunakan fitur sistem laptop atau menggunakan aplikasi tertentu.

Sampah yang menumpuk akan membuat RAM penuh dan kinerja laptop lambat atau bahkan hang. Anda bisa memilih laptop-laptop terbaik versi Best AREight dengan RAM besar untuk aktivitas yang lebih lancar.

  1. Mengatasi laptop hang saat baru dihidupkan

Apabila laptop Anda sering hang saat baru dihidupkan atau baru starting, ada kemungkinan windows pada sistem laptop Anda bermasalah. Cara mengatasinya adalah dengan scan laptop menggunakan antivirus atau aplikasi pembersih sampah.

Selain itu, penyebab laptop hang lainnya adalah karena RAM dan kipas laptop yang sudah terlalu kotor. Cara mengatasinya tentu dengan membersihkan RAM dan kipas laptop. Bagian RAM bisa dibersihkan menggunakan penghapus karet. Bagian kipas laptop bisa Anda bersihkan dengan vacuum atau kuas pembersih.

Jika Anda ragu untuk membersihkan laptop sendiri, bawa laptop ke teknisi untuk dibersihkan. Membawa laptop ke tempat servis juga bisa menjadi solusi apabila laptop Anda hang karena permasalahan pada motherboard. Bagian penting ini merupakan salah satu penyebab laptop hang saat starting.

  1. Mengatasi laptop hang saat menjalankan game

Laptop dapat digunakan untuk bermain game, baik online maupun offline. Namun apabila saat bermain game dan laptop Anda tiba-tiba hang, ada beberapa penyebab yang mungkin mengakibatkan hang. Berikut adalah beberapa penyebabnya.

  • Harddisk yang bermasalah
  • Memori RAM mengalami kerusakan
  • Kipas laptop mati
  • Processor terlalu panas
  • Spesifikasi laptop tidak mendukung game

Apabila Anda mengalami laptop hang saat bermain game, langkah-langkah yang perlu Anda lakukan adalah mengatasinya sesuai penyebab laptop hang. Jika kipas laptop yang mati, maka Anda perlu menggantinya agar laptop tidak kembali hang.

Sebelum bermain game, pastikan spesifikasi laptop Anda sesuai dengan game tersebut. Apabila laptop hang karena game terlalu berat, sebaiknya segera uninstall game dari laptop Anda.

  1. Mengatasi laptop hang karena program yang Not Responding

Permasalahan laptop hang dengan pemberitahuan Not Responding ini merupakan yang paling sering dialami pengguna laptop. Apabila Anda mendapati laptop hang seperti ini, langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut.

  • Gunakan shortcut dengan tombol CTRL + Shift + Esc
  • Klik End Task

Alternatif lainnya untuk mengatasi laptop hang karena program Not Responding adalah dengan cara berikut.

  • Tekan tombol Ctrl + Alt + Del pada keyboard secara bersamaan
  • Klik Task Manager
  • Klik End Task
  • Selesai
  1. Mengatasi laptop hang yang macet total

Mengatasi laptop hang yang macet total Laptop tiba-tiba hang dan Anda tidak bisa menjalankan cursor atau pointer di layar sering kali membuat panik. Apabila laptop macet total seperti ini, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan seperti berikut.

  • Gunakan shortcut dengan menekan tombol Ctrl + Alt + Del
  • Klik restart atau logout sesuai keinginan Anda
  • Hidupkan kembali laptop dan Anda bisa menggunakannya

Apabila tombol shortcut yang digunakan tidak berjalan atau tidak muncul, maka langkah yang bisa diambil adalah dengan mematikan laptop secara paksa. Tekan tombol power sekitar 10 detik hingga laptop logout atau mati. Tunggu beberapa menit dan coba hidupkan kembali laptop Anda.

  1. Mengatasi laptop hang saat booting

Referensi laptop terbaik dari Best AREight mungkin dapat membantu Anda mendapatkan laptop yang bagus. Namun sebagus apapun tipe laptop Anda, bisa saja mengalami masalah seperti laptop hang ini. Langkah-langkah untuk mengatasi laptop yang tiba-tiba hang dapat dilakukan dengan cara berikut.

  • Restart laptop
  • Masuk ke mode BIOS dengan menekan tombol del, F2, atau F8 sesuai tipe laptop
  • Masuk ke BIOS dan pilih menu Advanced BIOS features
  • Cari bagian-bagian yang berkaitan dengan cache dan pilih disable
  • Simpan pengaturan dengan menekan tombol F10
  • Tekan enter
  • Selesai

Itulah beberapa cara mengatasi laptop hang sesuai dengan penyebabnya. Jika sudah bisa dijalankan lagi, jangan lupa untuk scan dan bersihkan laptop dari sampah dan virus.

Similar Posts