Selain Keindahannya, Ini Dia Mitos Gunung Penanggungan yang Bikin Penasaran

Selain keindahan gunung Penanggungan yang tak dapat kita ragukan, tersimpan beberapa mitos yang masih menjadi misteri. Yuk intip beberapa mitos gunung Penanggungan yang dijamin akan membuat anda semakin penasaran!

Artikel :

Sudah tak asing lagi khususnya bagi masyarakat Jawa Timur akan keindahan dan keelokan gunung Penanggungan. Ya, gunung ini menawarkan pemandangan yang luar biasa dan tak kalah cantiknya dengan gunung-gunung yang tersebar di berbagai penjuru nusantara. Gunung yang dikelilingi delapan puncak ini terletak di dua perbatasan kabupaten di Jawa Timur, yakni kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Mojokerto. Uniknya, gunung Penanggungan memiliki berbagai peninggalan situs kuno yang tersebar di lerengnya, sehingga membuat aktivitas pendakian semakin mengasyikkan. Maka tak ayal jika gunung ini sering dihubungkan dengan berbagai mitos gunung Penanggungan yang tersebar di cerita-cerita lokal khususnya masyarakat sekitar gunung.

Mitos Gunung Penanggungan Akan Keberadaan Altar di Puncaknya

Sebuah altar yang terletak di puncak gunung Penanggungan adalah salah satu mitos yang sampai saat ini belum terpecahkan atas teka-tekinya. Menurut cerita yang beredar, terdapat sebuah altar yang bertempat di puncak Penanggungan dan selalu tertutup oleh tebalnya awan yang menyelimutinya.

Sampai saat ini, belum ada satupun seseorang yang berhasil menemukan altar tersebut di puncak tertingginya. Namun kini, di sebelah utara lereng gunung, dibangun sebuah bangunan yang dibuat mirip seperti altar yang dipergunakan sebagai tempat upacara bagi masyarakat sekitar.

Gunung Penyeimbang Pulau Jawa

Mitos gunung Penanggungan yang ramai dibicarakan adalah gunung Penanggungan yang “ditancapkan” sebagai penyeimbang pulau Jawa. Konon, gunung Penanggungan merupakan potongan bagian gunung Meru di India yang sengaja diambil oleh Dewa Brahma karena ketidakseimbangan pulau Jawa. Dewa Wisnu yang menjelma sebagai kura-kura raksasa mengambil gunung Meru di India dengan dibantu oleh Dewa Brahma dan menancapkannya di Jawa Timur.

Namun apadaya, pulau jawa masih saja tidak seimbang dan terombang-ambing. Seketika itu Dewa Wisnu memotong kembali gunung Meru dan menancapkannya di sekitar gunung Meru berada. Alhasil, pulau jawa berdiri seimbang dan kokoh.

Itulah berbagai mitos gunung Penanggungan yang masih bersembunyi sebagai misteri. Namun dibalik misteri yang ada, tersimpan berjuta keindahan yang menawan sebagai gunung yang berdiri di salah satu pulau negara tercinta, Indonesia.

 

 

 

 

 

Similar Posts