Jenis-Jenis Permainan Edukasi Anak

Masa kanak-kanak identik dengan bermain. Bermain selain untuk menyenangkan diri dan mengisi waktu juga bisa untuk membantu tumbuh kembang anak. Ada beragam jenis permainan yang bisa dimainkan oleh anak-anak. Orang tua harus bisa memilah mana permainan mana yang baik bagi anak saat berkunjung ke toko yang jual playground anak dan mainan anak.

Permainan edukasi bisa dipilih orang tua untuk dimainkan sang anak. Permainan edukasi bisa mendorong kecerdasan anak. Artikel ini akan membahas beberapa permainan edukasi anak yang bisa dimainkan oleh anak.

Permainan Edukasi Anak

Bermain menjadi kegiatan favorit bagi anak-anak. Bermain berfungsi untuk meningkatkan mood anak. Selain itu juga untuk mengembangkan fisik, kognitif, sosial, dan emosional anak. Bermain juga bisa membuat anak menjadi lebih aktif, berpikir logis, dan berkonsentrasi dengan baik.

Bermain bisa sekaligus menjadi wadah untuk belajar bagi anak. Untuk itu, diperlukan jenis permainan yang mampu mengasah kemampuan berpikir anak. Salah satunya yaitu dengan permainan edukatif. Ada banyak permainan edukatif anak yang bisa dimainkan, berikut adalah beberapa diantaranya.

1. Puzzle

Puzzle merupakan permainan menyusun potongan-potongan bentuk menjadi suatu objek gambar utuh. Puzzle memiliki tema yang beragam mulai dari tumbuhan, hewan, kendaraan, dan pemandangan. Bermain puzzle bagi anak bisa membantunya untuk melatih diri dalam memecahkan masalah.

Permainan ini juga melatih emosi anak dan kesabarannya. Selain itu puzzle bisa untuk melatih gerak motorik halus sang anak. Kamu bisa membimbing anak dalam bermain dan menyelesaikan puzzle. Jangan lupa beri apresiasi kepada anak ketika ia menyusun puzzle miliknya.

2. Block brick

Permainan block brick dilakukan dengan cara anak menyusun block-block menyerupai bentuk bangunan atau objek lain. Apabila anak sudah bisa bermain sendiri, anak bisa berkreasi memainkan block brick ini. Permainan ini membantu anak untuk mengembangkan kreaktivitas dan imajinasinya saat membuat bentuk bangunan dan sebagainya.

Block brick yang beraneka warna juga bisa mengenalkan anak dengan warna-warna yang ada. Selain itu mengenalkan anak pada bentuk objek yang dibuat. Permainan block brick relative aman untuk dimainkan.

3. Slime

Rekomendasi permainan edukatif anak selanjutnya yaitu slime. Permainan ini berguna untuk meningkatkan daya kreativitas anak. Anak bisa berkreasi menciptakan bentuk yang sesuai dengan imajinasinya. Kamu juga bisa mengajak anak untuk mebuat slime sendiri dengan cara yang bisa dicari di Youtube atau Google.

Hal tersebut bisa mempererat hubungan antara orang tua dan anak. Anak juga jadi tahu asal muasal mainan yang mereka mainkan. Anak juga banyak belajar tentang fungsi-fungsi dari alat dan bahan yang digunakan dalam membuat slime.

4. Sticker book

Jika kamu mengajak anak untuk belajar, kemungkinan besar anak akan menolak. Kamu bisa menyulap proses pembelajaran dengan permainan edukatif yang menyenangkan untuk anak. Ketika anak memiliki ketertarikan yang kurang pada membaca, kamu bisa mengatasinya dengan sticker book.

Sticker book bisa memancing ketertarikan anak terhadap buku. Sticker book juga menjadi media bermain dan pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membosankan untuk anak. Kamu bisa menumbuhkan minat anak terhadap buku melalui sticker book.

5. Montessori sensory toys

Permainan ini bisa membantu anak dalam mengembangkan dan menghubungkan koneksi saraf otak melalui permainan sensori. Permainan Montessori sensory toys ini memiliki manfaat untuk mengembangkan kemampuan kognitif, motorik halus dan kasar, serta kemampuan berbahasa anak.

Ketika anak memainkan permainan ini, maka akan terjadi koordinasi antara mata dengan tangan. Sehingga sistem koordinasi anak terus terlatih. Ada banyak jenis mainan Montessori sensory toys, kamu bisa mencarinya toko mainan online maupun offline.

6. Flash card

Ketika anak memasuki usia untuk belajar mengenal huruf, kamu bisa mengajaknya bermain flash card. Kartu ini berisi gambar dengan kata dasar untuk melatih kemampuan membaca anak sejak dini. Permainan ini membantu anak untuk menambah kosa kata baru, melatih kemampuan dengar, tulis, dan berbicara.

Beragam tema flash card yang dijual di pasaran, mulai dari bentuk huruf, angka, tumbuhan, hewan, kendaraan, dan masih banyak lagi. Permainan bisa menjadi sarana bonding time antara ibu dan anak selain untuk menstimulasi perkembangan otak anak.

7. Game edukasi di gadget

Jika anak sudah mengenal gadget, dan kamu khawatir ketika anak memainkan gadget, kamu bisa memberinya game edukatif untuk anak. Game ini bisa membantu anak dalam perkembangan otak. Namun yang perlu diperhatikan adalah waktu anak bermain gadget tidak boleh terlalu lama.

· Preschool Learning Game

Game ini bisa didownload di Google PlayStore. Preschool Learning Game ini memiliki banyak game yang bisa dimainkan, mulai dari mengenal huruf, angka, mewarnai gambar, mengenal bentuk, dan masih banyak lagi.

· Puzzle Kids

Permainan ini sama seperti permainan puzzle pada umumnya, namun disajikan dalam versi virtual. Game ini memiliki 4 kategori permainan di dalamnya, mulai dari menyusun objek, mencocokkan bentuk, tebak gambar, dan teka-teki jigsaw.

· Coloring and Learn

Permainan ini bermanfaat sebagai media ekspresi anak, melatih konsentrasi, dan ketangkasan. Anak akan mengenal macam-macam warna, hewan, tumbuhan, dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa rekomendasi permainan edukatif anak yang bisa kamu mainkan bersama sang buah hati.

Similar Posts