Cara Mengaktifkan Kartu Indosat yang Sudah Mati

Cara Mengaktifkan Kartu Indosat yang Sudah Mati
Pixabay.com

Untuk sekarang ini, sudah banyak para masyarakat yang jarang melakukan pengisian pulsa. Alasannya karena penggunaan SMS dan telepon yang sangat jarang. Kebanyakan dari pemilik smartphone akan melakukan pengisian kuota internet. Melalui aplikasi di zaman sekarang ini memang lebih memudahkan para masyarakat dalam berkomunikasi, yaitu cukup dengan bermodalkan internet saja.

Untuk melakukan telepon, chatting, video call bersama dengan orang lain, maka tidak membutuhkan pulsa. Hal ini seringkali menjadikan para masyarakat lupa tidak melakukan pengisian pulsa, sehingga masa tenggang kartu menjadi hangus dan tidak dapat digunakan lagi.

Penyebab Nomor Indosat Hangus

Pixabay.com

Anda harus mengetahui penyebab dari kartu Indosat yang mati atau hangus supaya bisa digunakan lagi. Sementara cara mengaktifkan kartu Indosat yang sudah mati memang bisa dilakukan, namun harus melalui beberapa tahapan. Bagi pengguna nomor Indosat yang sudah bertahun-tahun tentu nomor yang hangus menjadi permasalahan yang harus segera diatasi.

Terlebih lagi jika nomor yang digunakan sebagai nomor bisnis, maka akan sangat merepotkan jika nomor tersebut harus hangus. Berikut ini penyebab dari nomor Indosat yang mati atau hangus, di antaranya:

  1. Sudah Melewati Masa Tenggang

Pada setiap pembelian pulsa Anda akan memperoleh masa aktif yang berbeda-beda. Namun perlu diingat, meskipun nomor tersebut masih tersedia pulsa, bukan berarti nomor tersebut tidak hangus. Jika tidak dilakukan pengisian pulsa selama 30 hari maka masa tenggang nomor akan memasuki masa hangus atau mati.

Cara yang bisa dilakukan supaya masa tenggang tidak menjadikan kartu hangus atau mati yaitu dengan melakukan pengisian pulsa dalam tenggang waktu selama 3 hari pada masa hangus. Memang membeli kuota unlimited dengan harga yang murah jauh lebih menggoda dibandingkan harus melakukan pengisian pulsa. Namun Anda harus tetap melakukan pengecekan masa aktif dari kartu Indosat Anda.

  1. Belum Melakukan Registrasi

Pemerintah telah mewajibkan para masyarakat supaya meregistrasikan nomor handphone yang sedang digunakan sejak tahun 2018. Nomor yang tidak didaftarkan maka sudah pasti akan hangus karena diblokir secara sengaja oleh pemerintah. Sementara pemblokiran tersebut berfungsi supaya dapat membatasi jumlah nomor yang beredar. Sehingga tidak digunakan untuk ilegal.

Nomor yang sudah hangus akan di whitelist oleh pihak operator supaya dapat dijual kembali serta digunakan pada orang lain Oleh karena itu jangan sampai Anda lupa tidak melakukan registrasi. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui apakah nomor yang Anda gunakan sudah registrasi atau pun belum.

Ada beberapa ciri yang bisa dikenali apabila nomor hangus atau terblokir, yaitu seperti tidak dapat melakukan panggilan dan nantinya akan muncul kode MMI yang memang tidak berlaku. Selain Itu nanti juga akan muncul panggilan bersyarat aktif pada saat melakukan panggilan. Pengguna juga tidak dapat melakukan pengiriman SMS maupun menerima sms.

Jangan heran apabila sim card tidak terdeteksi dan data seluler tidak dapat menyala karena kartu yang terblokir hanya dapat digunakan ketika menggunakan wi-fi saja.

Cara Mengaktifkan Kartu yang Sudah Mati Atau Hangus

Pixabay.com

Apabila sudah mengetahui dua penyebab seperti di atas maka saatnya Anda mengetahui cara mengaktifkan kartu Indosat yang sudah mati atau sudah hangus. Sementara cara mengaktifkan kartu tersebut harus berdasarkan dari penyebabnya terlebih dahulu. Berikut ini langkah yang bisa dijadikan sebagai rekomendasi agar Anda tidak bingung ketika mendapati kartu hangus atau mati.

  • Melalui Galeri Indosat, pihak dari Indosat akan memberikan keringanan untuk pengguna nomor yang memang belum melebihi 3 hari dari masa tenggang supaya bisa diaktifkan kembali. Saat pergi ke galeri Indosat jangan lupa untuk membawa identitas diri seperti KTP beserta nomor Indosat yang telah hangus tersebut supaya dapat diaktifkan kembali.
  • Silahkan ambil nomor untuk melakukan konsultasi kepada pihak customer service. Apabila sudah dipanggil sesuai nomor urutan, utarakan keluhan Anda yang ingin mengaktifkan nomor Indosat yang hangus.
  • Pastikan bahwa data yang terdapat pada KTP sesuai pada data pribadi yang telah terdaftar pada SIM card supaya Anda dapat melakukan pengisian formulir pengajuan dalam mengaktifkan nomor Indosat Anda kembali.
  • Dalam jangka waktu sampai dengan 30 hari permintaan Anda akan diproses dan peluang dalam mengaktifkan nomor yang sudah melewati 3 hari masa hangus hanya sebesar 50%.┬áDalam mengaktifkan kartu Indosat yang sudah hangus Anda akan dikenakan biaya sebesar 35.000. Dengan rincian biaya administrasi sebesar Rp10.000 dan pembelian pulsa supaya nomor dapat aktif sebesar Rp25.000.
  • Terkadang pihak dari customer service juga akan menawarkan untuk menggunakan nomor pascabayar ketika Anda ingin mengaktifkan nomor Indosat Anda yang sudah hangus.
  • Jika nomor hangus dikarenakan pengguna belum melakukan registrasi, maka sudah bisa dipastikan bahwa nomor Anda tidak dapat digunakan lagi karena sudah memasuki masa tenggang. Cara mengatasi hal ini maka Anda harus melakukan registrasi pada nomor yang sedang Anda gunakan tersebut. Agar dapat melakukan panggilan atau mengirimkan SMS.

Untuk bisa melakukan registrasi ulang, silahkan mengirimkan SMS pada Nomor 444 dengan format seperti berikut ULANG#NIK#Nomor KK# kirim ke 4444. Cara untuk pengguna kartu yang baru maka bisa melakukan registrasi dengan format NIK#Nomor KK# kirim ke 4444.

Ketika Anda sudah mendapati nomor indosat hangus,atau masa tenggang sudah habis, maka jangan khawatir kalau masih ada cara lain yang bisa dilakukan berapa langkah yang ada di atas. Baca juga cara transfer pulsa indosat.