Mengenal Jenis Burung Kacer Berdasarkan Ciri Fisiknya

Mengenal Jenis Burung Kacer Berdasarkan Ciri Fisiknya
pxhere.com

Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan flora dan fauna. Setiap flora dan fauna yang ada memiliki ciri fisik atau karakteristik yang berbeda. Burung menjadi salah satu jenis binatang yang memiliki jenis, penampilan dan karakter yang beragam. Dari ciri fisik dan karakter yang dimiliki oleh burung, kita dapat mengenal jenis burung yang dimaksud. Salah satu jenis burung yang memiliki variasi beragam adalah burung Kacer. Kacer merupakan burung dengan ukuran tubuh yang kecil. Memiliki suara indah membuat Kacer dijadikan sebagai hewan peliharaan. Burung ini bahkan menjadi burung kompetisi yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Di Indonesia, ada beberapa macam jenis burung Kacer dengan warna bulu yang berbeda. Dikenal sebagai burung penyanyi, peminat akan burung ini memiliki jumlah yang cukup tinggi. Kacer poci adalah salah satu jenis burung yang disukai oleh masyarakat Indonesia. Bulu burung ini dikombinasi dengan warna putih dan hitam. Jika Kacer poci memiliki dada berbulu putih, burung ini dikenal pula dengan nama Kacer putih. Burung jenis ini sangat banyak digunakan oleh masyarakat sebagai burung kompetisi. Jika diperhatikan dengan baik, Kacer poci memiliki kemampuan yang amat baik untuk meniru suara burung lainnya.

Suara yang dihasilkan oleh Kacer poci terdengar lantang dan keras. Burung ini juga memiliki kecepatan suara yang rapat dan gaya bertarung suara yang terkesan mewah. Tidak hanya ditemukan di Indonesia, burung Kacer poci dapat pula kita temukan di Malaysia, Tiongkok, Nepal, Filipina dan Thailand. Dengan habitatnya yang semakin luas, jumlah peminat Kacer poci semakin bertambah. Dengan suaranya yang indah dan menarik, kita dapat menjadikan Kacer poci sebagai hewan peliharaan yang menguntungkan.

Jenis dari burung Kacer lainnya adalah Kacer hitam atau Kacer lokal. Jika dilihat dengan baik, Kacer jenis ini didominasi dengan warna hitam. Kacer ini sangat mudah dikenali akibat perawakannya yang nampak amat jelas. Dengan bulu burung yang berwarna hitam pekat, Kacer hitam sangat mudah untuk dikategorikan. Sama halnya dengan Kacer poci, Kacer hitam memiliki suara yang menarik. Akibatnya, burung ini banyak digunakan untuk mengisi kompetisi kicauan burung. Meskipun memiliki suara yang merdu, Kacer hitam dikenal memiliki aroma tubuh yang kurang sedap.

pxhere.com

Situs suaraburung.co.id menerangkan bahwa Jawa Tengah merupakan asal dari Kacer hitam. Ada pula pendapat lainnya yang menyebutkan bahwa tempat asal burung Kacer hitam adalah Bali. Kedua pendapat tersebut kemungkinan besar muncul karena Bali dan Jawa Timur saling berdekatan. Tak mengherankan jika burung akan berpindah lokasi di kedua tempat tersebut dan menimbulkan padangan berbeda mengenai asal dari burung Kacer hitam.

Kacer Madagaskar menjadi jenis burung Kacer yang memiliki ciri fisik menarik. Ada bulu berwarna hitam kebiru-biruan yang terletak di bagian kepala burung. Warna biru pada bulu akan nampak jelas ketika burung terkena paparan sinar matahari. Ciri khas yang dimiliki oleh burung ini adalah bentuk tubuhnya yang membulat dan suara kristal yang dimiliki oleh burung. Sesuai dengan namanya, Kacer Madagaskar bukanlah jenis burung yang berasal dari tanah air melainkan dari negara Afrika. Tidak hanya memiliki bulu berwarna hitam, Kacer Madagaskar juga memiliki kombinasi warna bulu hitam, putih dan orange.

Jenis lain dari burung Kacer adalah Kacer Kalimantan. Kacer yang dikenal pula dengan nama Kacer Berneo ini memiliki ciri fisik dan karakter yang sama dengan jenis Kacer lainnya. Untuk membedakan Kacer Kalimantan dengan Kacer lain, kita dapat melihat mental dari burung ini. Kacer Kalimantan memiliki mental yang baik dan memiliki ukuran tubuh yang lebih besar daripada burung Kacer lainnya. Meskipun bernama Kacer Kalimantan, burung ini tidak hanya ditemukan di pulau Kalimantan saja. Kita dapat pula menemukannya di wilayah lainnya di Indonesia.

pxhere.com

Kacer paling unik yang pernah ada adalah Kacer Blorok. Burung jenis ini merupakan hasil perkawinan dari Kacer Poci dengan Kacer Jawa atau Kacer Lokal. Tidak hanya memiliki warna bulu hitam, kita dapat menemukan bulu berwarna putih pada burung. Kacer Blorok memiliki kemampuan dalam meniru suara burung lain. Di pasaran, kita dapat menemukan jenis burung ini dengan mudah. Tidak hanya di Indonesia, Kacer Blorok dapat ditemukan di negara-negara di Asia Tenggara lainnya.

Ciri khas yang dimiliki oleh semua jenis Kacer adalah mbagong. Istilah tersebut merupakan gerakan atau perilaku burung yang memperbesar tubuhnya ketika menghadapi rasa takut dan stress. Perilaku yang dilakukan oleh burung adalah dengan mengembangkan bulu menjadi balon, kepala ditekuk ke arah bawah, badan tegak lurus dan ekor yang ditekukkan ke arah bawah. Untuk suaranya sendiri, Kacer yang sedang mbagong memiliki suara yang tidak indah. Jika burung berada pada posisi mbagong, burung dikatakan kalah berkompetisi.

Untuk jenis Kacer yang baik digunakan untuk berkompetisi adalah Kacer dengan jenis kelamin jantan. Suara atau kicauan burung jantan terdengar lebih merdu jika kita bandingkan dengan kacer betina. Kacer jantan memiliki bentuk kepala datar, tubuh berukuran besar, dada membusung, kaki panjang dan punggung yang lebar.