Aneka Jenis Burung Poksay

Aneka Jenis Burung Poksay

 

Burung poksay merupakan salah satu burung kicau yang sangat populer di Indonesia. Burung ini memiliki peminat yang cukup banyak, karena beberapa kelebihan yang dimiliki. Selain tampilan fisiknya yang indah, burung ini juga memiliki suara kicau yang bagus. Anda dapat mendengarkan kicauan burung ini dengan cara download suara burung poksay.

Di dunia, burung poksay termasuk dalam kelompok laughingthrush. Burung poksay tergabung dalam keluarga leiothrichidae bergenus garrulax. Terdapat sekitar 50 jenis poksay yang menyebar luas di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri terdapat 9 jenis poksay, baik lokal maupun hasil penyebaran dari luar negeri.

Jenis Burung Poksay

Poksay memiliki suara kicauan yang lantang, merdu, dan mengalun indah bila didengarkan dengan download suara burung poksay. Berbicara mengenai jenis poksay, disini saya akan mengulas semua tentang burung ini. Saya akan mengulai mulai dari jenis, ciri fisik, serta habitat burung ini. Berikut adalah jenis poksay yang perlu Anda ketahui:

Burung ini memiliki jambul berwarna putih yang sangat unik di area kepalanya. Kemudian, memiliki garis berwarna hitam pada bagian mata sampai ke bagian paruh. Lalu, pada bagian bulu punggung dan sayapnya berwarna coklat. Selain itu, memiliki paruh yang berwarna hitam, serta memiliki mata yang bersinar.

 

Poksay jambul memiliki tubuh yang kekar dan besar dibandingkan jenis poksay lainnya. Poksay jambul ini berhabitat di lingkungan hutan yang dipenuhi semak dan di area yang penuh oleh pohon bamboo. Ketika ingin berkembang biak, poksay jambul akan membuat sarang di atas pohon atau di area semak-semak.

 

  • Poksay Hongkong (Garrulax Chinensis)

Ciri poksay hongkong yaitu warna hitam di seluruh bagian tubuh, sayap dan ekornya. Sedikit warna putih pada bagian leher, serta warna abu bagian kepala. Kemudian, memiliki warna hitam pada bagian paruh dan hidungnya. Poksay hongkong memiliki mata yang tajam dengan warna hitam.

 

Habitat dari poksay hongkong yaitu berada di area hutan dan sering kali hinggap di bagian dahan pohon.

  • Poksay Sumatera (Garrulax Bicolor)

Poksay Sumatera memiliki ciri warna hitam di seluruh bagian tubuh hingga ekornya. Warna putih pada bagian kepala hingga leher, serta garis hitam di bagian mata hingga paruh. Habitat burung poksay biasanya hidup di area hutan yang cukup rindang.

 

  • Poksay Samho (Garrulax Berthemyi)

Poksay sahmo merupakan kelompok dari Leiothrichidae. Di Indonesia sendiri keberadaan poksay sahmo ini semakin punah, bisa dikatakan dapat dihitung dengan jari. Ciri fisik poksay samho ini mempunyai ukuran panjang sekitar 27-29 cm. Kemudian, memiliki warna cokelat pada bagian atas tubuh, serta sedikit warna merah pada bagian ekor.

 

Selain itu, meiliki warna abu-abu pada bagian dada hingga ekor. Lalu pada bagian mata poksay samho terdapat selaput biru yang melingkar. Anda dapat menjumpai poksay sahmo di negara Taiwan.

 

  • Poksay Genting (Garrulax Mitratus)

Burung ini tersebar di wilayah Sumatera dan semenanjung negara tetangga yaitu Malaysia dan Thailand.Poksay genting berhabitat di sekitar lereng-lereng pegunungan yang lembab. Makanan utama dari burung ini adalah serangga. Selain itu, makanan lainnya dari burung ini  yaitu ulat, sifut kecil, buah-buahan, biji-bijian, dan juga ngengat.

 

Ciri fisik burung ini yaitu memiliki tubuh yang berukuran antar 22-24 cm. kemudian, memiliki warna abu-abu pada bagian bawah tubuh. Burung ini mempunyai mata yang berbentuk seperti kacamata berwarna putih. Kemudian, pada bagian sayap burung ini mempunyai garis putih tebal, dan paruh yang berwarna kuning.

 

  • Poksay Mandari (Garrulax Tracheri)

Ciri fisik dari poksay mandarin yaitu mempunyai kicauan yang sangat bervariasi. Kemudian memiliki mahkota dengan warna cokelat yang kombinasi dan pada bagian mata memiliki kacamata yang berwarna kuning. Poksay mandarin memiliki ukuran tubuh antara 20-25 cm. memiliki paruh berwarna kuning tua, serta warna abu-abu pada bagian ekor.

 

  • Poksay Hitam (Garrulax lugibris)

Poksay hitam ini berhabitat di sekitar pulau Sumatera, tetapi bukan salah satu burung jenis endemic. Ciri fisik burung poksay hitam ini yaitu memiliki badan yang kekar dengan warna hitam di seluruh badan hingga ekornya. Paruh burung ini berwarna orange.Pada bagian mata poksay hitam terdapat lapisan kacamata yang berwarna hitam.

 

  • Poksay Kuda (Garrulax Rufifrons)

Populasi habitat burung ini bisa Anda jumpai di pegunungan wilayah pulau Jawa. Ciri fisik poksay kuda ini yaitu memiliki postur tubuh berukuran 27 cm. Kemudian, pada bagian atas tubuh berwarna cokelat zaitun. Paruh berwana hitam, sementara kakinya berwarna hijau.

 

  • Poksay Mantel (Garrulax Palliatus)\

Habitat dari poksay ini adalah di daerah pegunungan di Indonedia khususnya pulau Sumatera, Anda juga dapat menemukan burung ini di negara Malaysia hingga Brunei Darussalam. Ciri fisik poksay mantel yaitu memiliki tubuh berukuran 27 cm. Kemudian, warna abu-abu pada bagian kepalanya, serta paruh berwarna hitam.